TENGGELAMNYA BAHASA PEMERSATUKU



Kali ini saya akan membahas bahasa negara kita yaitu Bahasa Indonesia.Ini adalah bahasa yang kita gunakan sehari-hari dalam berkomunikasi dengan lawan bicara kita di Indonesia.Bahasa ini sudah terciipta sejak jaman nenek moyang kita.Dengan begitu ini adalah warisan dari leluhur kita yang harus kita jaga baik-baik.
Apa alasan bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu? Ini disebabkan karena negara kita memang membutuhkan sebuah bahasa  yang digunakan dan diakaui sebagai bahasa nasional kita.Karena bisa kita lihat negara kita terdiri dari bermacam-macam budaya atau multikultural.Dengan kekayaan budaya ini pasti akan terjadinya kesulitan berkomunikasi antar masyarakat.Dengan begitu lahirlah Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa nasional kita dalam berkomunikasi di negara kita.
Pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda pun sudah bersumpah bahwa  akan menjunjung tinggi bahasa pemerasatu yaitu bahasa Indonesia.Ini memrupakan bukti dari para pemuda jaman dahulu yang mencintai negaranya.Mereka semua bersumpah bahwa akan mengaharagai bahasa pemersatu bangsanya yaitu bahasa Indonesia.
Namun bisa kita lihat sekarang apa yang terjadi dengan bahasa kita ini.Akhir-akhir ini Bahasa Indonesia seperti tenggelam dengan adanya bahasa asing.Entah apa penyebab pasti yang membuat bahasa kita ini menjadi seperti itu.Mungkin karena globalisasi yang cukup kuat terhadap negra kita.
Bahkan anak –anak muda sekarang  menganggap Bahasa asing lebih keren atau lebih baik dibandingkan dengan bahasanya sendiri.Pola pemikiran mereka telah berubah, mereka berfikir bahasa Indonesia tidaklah lebih baik.Bisa kita lihat saat berbicara mereka suka mencampur-campur bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.Entah apa alasan mereka berbuat seperti itu.
Lebih anehnya lagi saat berbicara dia mengucapakan sebuah kalimat dengan bahasa inggris lalu dia mengartikannya kembali ucapannya lagi ke dalam bahasa Indonesia.Bagi saya ini menjadi hal yang lucu,kenapa? Karena kalau mau bahasa indonesia,ya bahasa indonesia saja tidak usah dicampur-campur bahasa lain karena nantinya dia artikan lagi,hal ini bagi saya hanya menjadi buang-buang tenaga saja.
Dan mungkin bila orang-orang berbicara dalam bahasa Inggris mereka mengira dirinya menjadi terlihat lebih pntar karena dia bisa bahasa asing.Kalau dia memang sudah lama tinggal di luar negeri saya masih terima.Tetapi kalau tidak saya sih cuma bisa tertawa saja kalau melihatnya.
Padahal kita tinggal di Indonesia,seharusnya kita berbicara bahasa Indonesia, ataupun kita berbicara bahasa daerah kita sendiri pun lebih baik.Daripada kita berbicara bahasa asing atau mencampur-campur dengan bahasa Indonesia,karena kita sedang ada di Indonesia,kita bernafas oksigen dari Indonesia,makan juga hasil produk Indonesia.Seharusnya kita harus tahu diri bahwa kita berhutang banyak dengan negara kita,apa salahnya kita berbahasa Indonesia secara utuh sebagai bukti kita menghargai bahasa kita seperti leluhur kita menghargai Bahasa Indonesia.

Itulah sebagian pemikiran saya tentang Bahasa Indonesia.terima kasih.

Komentar

Postingan Populer