PENGALAMAN UJIAN MANDIRI



Hi Earth,
Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya saat ujian mandiri.Sebenarnya sih sedikit malu juga berbagi cerita ini,karena jadi ketahuan nilai saya cukup jelek.Tapi  saya  tetap mau berbagi bagi para pembaca tentang ujian mandiri di Gunadarma.Agar tulisan ini berguna bagi anda mungkin yang inign memperbaiki nilainya dengan menggunakan jalur Ujian Mandiri
Di Gunadarma untuk memperbaiki nilai IPK ada dua cara yaitu Ujian Mandiri atau dengan mengulang kelas di semester ganjil atau genap.Tapi biasanya jalur mengulang kelas untuk mahasiswa yang mendapatkan nilai mata kuliahnya E.Jika nilai semesternya masih D sampai B lebih baik menggunakan jalur Ujian Mandiri.
Dalam Ujian mandiri ada dua cabang lagi,yaitu ujian mandiri lokal dan utama.Di Universitas Gunadarma mata kuliah dibagi menjadi mata kuliah lokal dan utama.Dan biasanya di setiap semester ada mata kuliah ujian utama.
Saya akan membagi pengalaman saat saya memeperbaiki nilai saya untuk semester satu.Ada 3 mata kuliah mata kuliah yang saya akan perbaiki.Ada dua mata kuliah dengan nilai C dan satu mata kuliah nilainya B.Sebenarnya nilai B sudah cukup bagus tapi saya tidak puas,karena harapan saya nilainya mendapat A.Dengan begitu saya mencoba untuk memperbaiki nilai saya dengan ujian mandiri.
Mata kuliah pertama yang saya perbaiki adalah yang mendapat nilai B tadi.Sebelum kita bisa UM (Ujian Mandiri),kita harus mendaftar terlebih dahulu di Kampus D,Margonda Depok.Saya membeli satu tiket UM disana.Setelah punya tiket Saya langsung mendaftar untuk langsung UM di Kampus D Gd 5 lt 2 ,mata kuliah ini adalah mata kuliah lokal.Persyaratan pendaftaran untuk ujian adalah membawa KRS aktif dan berpakaian rapi tidak boleh pakai kaos,minimal kaos berkerah.
Sebelum ujian saya sudah mempersiapkan diri dengan belajar agar ujiannya bisa diselesaikan dengan baik.Saat waktu ujian syarat agar mendapat nilai A adalah dengan mendapatkan poin 120.Nanti di setiap soal akan mengandung poin-poin.Ada soal yang  memiliki bobot poin 3,2 dan paling kecil 1.Tetapi jika kita salah akan dikurangi setengah dari bobot poin soal yang ada.Jika tidak bisa menjawab bisa pass dan poin tidak berkurang ataupun bertambah.
Waktu yang diberikan adalah satu setengah jam dan total soal ada 400 soal.Saat mengisi soal-soal poin saya naik turun karena  jika salah poin akan dikurangi.Akhirnya saya pun mendapatkan poin 120 juga dan itu tercapai ketika sisa waktu tinggal 4 menit lagi.Setelah selesai nilai saya langsung berubah di studentsite secara ototmatis.
Setelah itu saya akan memperbaiki nilai mata kuliah yang tersisa tadi baru beberapa bulan kemudian.Saya memperbaiki nilai mata kuliah ujian utama.Untuk mata kuliah ini persyaratannya sedikit berbeda yaitu pakaiannya harus rapi dengan atasan putih dan bawah hitam.Ujian mata kuliah utama ini tidak selalu ada setiap saat,dalam satu tahun ada  dua periode.
Saat saya mulai mengerjakan soal,saya sedikit bingung karena poin kita tidak tampil dilayar jadi kita tidak tahu apakah kita menjawab benar atau salah.Jadinya saya gagal memperbaiki nilai saya .Untuk mata kuliah yang tersisa satu lagi saya tetap mencoba memperbaiki dan singkat cerita saya gagal kembali. Memang ujian mandiri tidak semudah yang saya perkirakan.Jadi hanya satu mata kuliah yang berhasil saya perbaiki.
Baiklah itu paengalaman saya dalam memperbaiki nilai saya.Terima kasih

Komentar

  1. Balasan
    1. Kak mau tanya, biasanya hasil um yg tertulis matkul lokal keluarnya kapan ya ? Misal hr ini aku um tertulis lokal, nah itu kira kira kpn kluar hasil ujiannya ?

      Hapus
    2. Kalo misalnya ujian tertulis nilainya gak keluar hari itu gimana ya bro, gua tingkat 4

      Hapus
  2. kak.. kalo semester 1 itu ada ujian utama ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tapi yang didahulukan semester akhir

      Hapus
    2. Bisa tpi harus lapor ke tmpt ujian mandiri tersebut apa boleh atau TDK untuk mengikuti um itu sendiri

      Hapus
  3. ka soal UM itu sama kaya soal UAS atau lebih susah lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. UM justru cenderung lebih mudah daripada UAS. kadang suka keluar dari v-clas

      Hapus
  4. Mas,klo misalkan nilai kita c trus kita um in,,nanti poinnya di mulai dari c atau dari e waktu ujiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimulai dari e, pokoknya nanti kmu kumpulin poin sampe 120 biar dapet A, kalo 100 an dapat B, klo ga salah..
      thx

      Hapus
  5. Gan mau tanya katanya kalo UM ijazahnya compre ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompre itu kalau kuliah kita lewat dari 4tahun mas..
      UM ga ngaruh jadi kompre

      Hapus
  6. kalo ujian um nya gagal nilai c anda tadi berubah apa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa berubah kalau hasil dibawah c

      Hapus
    2. berarti misalkan kalau gua UM dari nilai D nih .....

      terus GAGAL pas di dalam ruangan ngerjain nya soal ,itu pasti fix berubah C ?
      bisa terbukti nya dalam jangka waktu kapan ?
      wkwkw masalah nya kemarin gua habis um terus gagal .

      Hapus
  7. Kalau nilai saya ada yg D satu. Dan ipk 3,sekian sampai semester 3 (sekarang masih semester 4). Lebih baik um atau engga ya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya mending UM ,biar gak ngabis ngabisin waktu .
      kembali lagi kepada diri sendiri kalau mau ngerepotin diri mau ngulang kelas silahkan dan dengan biaya per SKS 150rb ,namun UM juga jangan di sepelekan kalau dapet cheat jadikan itu sebagai gambaran dan padukan dengan pengetahuan anda sendiri mesti harus ada persiapan juga biar hasil lebih optimal sesuai yg di harapkan .

      Hapus
    2. ngulang kelas itu yg E
      kalau yg D cuma satu dan IPK udah 3 ga masalah karna nanti sidang skripsi min ipk 3, tapi kalau mau UM ya gpp

      Hapus
    3. IPK itu yg di rangkuman nilai kan kak? Saya dengar dengar, kalau IP Ujian Utama nya gak sampe 3, gak bisa ditanda tamganin PI nya, trus skripsi juga susah

      Hapus
    4. @ rezki nadia gua PI semster kemarin dngn IP UU yg gasampe 3 bisa aja kok

      Hapus
  8. Oh UM itu ga berpengaruh ya sama skripsi. Jadi aman ya kalo ikut UM yang nilainya masih ada C nya. Trus kalo misalnya nilai kita C itu saat UM bisa langsung dapet A kalo ngumpulin point 120. Kirain di perbaiki cuma naik satu angka aja jadi B doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gangaruh, yang penting ipknya aman buat skripsi,dan lebih baik amanin nya jgn deket2 mau skripsi, soalnya suka ada peraturan baru gtu dr jurusan,mending perbikin ipk jauh2 hari, dan klo bsa ga usah um, naikin aja nilai tiap semester, pasti bisa kok..

      Hapus
  9. Kaa mau tanya kalo misalnya nih nilai ujian utama kita c itu harus ngulang ikut kelas atau gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo masih bisa um, yaa um, tp klo ipk udh aman sih ga usah, trus klo ngulang kelas biasanya cma klo nilainya e aja

      Hapus
  10. kak saya juga mau tanya, kalau misalnya nilai ipk utama dpt c itu harus ngulang apa bisa ikut um?atau kl ga ikut um jg gpp atau gimana ya kak? terus kl nilai ipk utama iitu nilai bener bener murni hasil dr mengerjakan soal pd wktu ujian utama kemarin atau nilai itu sudah di tambahkan/diakumulasikan dengan nilai tugas + nilai uts+nilai hasil dr matkul uu tersebut ya? mohon di jawab ya kak. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ipk udh aman ya gausah um, dan gausah ulang kelas, ngulang itu klo nilainya e..
      ujian utama itu 50 %(murni hasil ujian utama) + 50 % (nilai dari dosen)

      Hapus
  11. oh seperti itu ya ka? jadi gapapa kalau ipk udah aman dengan nilai ipk utama c? oke terimakasih ya kak

    BalasHapus
  12. Kak kalau misalkan ipk utamanya dibawah 3, tapi ipk totalnya di atas 3 nah itu kita masih bisa skripsik gak? Dan lebih baiknya ikut um atau ngulang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skripsi itu ga apa2 klo utama ada yang C, asalkan kumulatifnya sesuai sama yang diminta jurusan, pas angkatan saya yang sk murni minimal dpt 3,25..

      Hapus
    2. Ohh gitu hehehe makasih banyak ya kak :)

      Hapus
  13. Kaa mau nannya kalo ujian um itu kapan ya mulainya? Terus kalo libur uas bisa gak? Terus berapa ya per mata kuliah? Gak papa kan kalo masih semester 2? Ohh yaa gak pengaruh kan ke skiripsi?
    Maap ya ka nanya banyak bangett😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo jadwal um krg tau juga klo sekarang, kayanya sih bukaa, um itu pake voucer, satunya 75 ribu, buat satu matkul..
      Kalo masih smstr 2 mah ga usah um dulu tingkatin aj dulu nilai tiap semester sampe tingkat 3, klo ipk udah bagus ya ga usah um..

      Hapus
    2. Berarti yang um semester akhir itu yg di umin pas pelajaran itu atau umin matkul semester yang lalu? Nilai semester awal itu ngaruh gk sih ka sama nilai akhir ipk kitaa?

      Hapus
    3. liat matkul ganjil genap ny kalo pen UM

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Klo misal nilai saya c nih trus pas um dapetnya d itu yg dimasukkan nilai yg c apa yg d?

    BalasHapus
  16. halo ka kalo um itu ngaruh ke ijasah kita pas nanti lulus ga ya? soalnya pernah denger katanya nanti ijasahnya ditandain gitu kalo ikut um

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ditandain kalo IPK ny 4 tp hasil UM semua 😂😂😂 kalo UM ny beberapa mah gak kok, aman...

      Hapus
  17. jadi misalnya kita dapat nilai ( bukan UU ) C trs kita ikut UM nilainya meningkat jadi B . Nilai itu langsung keupdate otomatis di SS ?

    BalasHapus
  18. Gw um soalnya seribu. Cuma sempet ngerjain 300 soal. Pengen cepet2 selesai pas ngerjain. Tp nilai tetep ga berubah. Sedih banget

    BalasHapus
  19. Permisi kak mau nanya
    Kalo matkul yg lokal sama yg ada ilab nya nilai nya c, itu gimana? Harus ngulang apa um juga?

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Gan ane habis UM nilainya A tapi di studentsite gak berubah, masih D, lapor kemana?

    BalasHapus
  22. Kak mau nanya dong, kalo msh semester 1 bisa ikut UM ga? Atau UM nya harus nunggu semester 3 keatas?

    BalasHapus
  23. kak kan mata kuliah softskill tidak ada uts dan uasnya terus saya dapet e apa saya harus mengulangnya atau bagaimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tdk berpengaruh sama nilai IPK ny dan masih gede mending gak usah, soal ny softskill itu kan matkul gak terlalu dipentingkan... tp kalo berpengaruh mending ngulang aja broo

      Hapus
  24. Beneran semester satu ada ujian utama nya?soalnya kata temen gw semester 1 gak ada ?

    BalasHapus
  25. Mau tanya kalo misal matkul utama ada yg E tapi ipk udah cukup, itu bisa um atau ngulang kelas atau ga usah? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh nilai E itu ngulang kelas bro, gak bisa UM

      Hapus
  26. Mau tanya kalo misal matkul utama ada yg E tapi ipk udah cukup, itu bisa um atau ngulang kelas atau ga usah? Terima kasih

    BalasHapus
  27. mau tanya kalau matkul utama D harus ngulang ga ya ? tapi saya masih semester 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kalo semst 1 mending UM.. tp gak bakal bisa UM kalo buat maba mah

      Hapus
  28. GAN mau tanya nih, kalo nilai hasil UM lokal yang tertulis nilai berubahnya berapa hari setelah UM ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hari itu juga kok broo.. tar tinggal lau cek aja di studentside ny..

      Hapus
  29. Mau nanya dong,,, kalo minta cheat ke siapa ya?
    Saya anak kelas malem.. ada beberapa nilai c yang mau saya UM kan. Bisa bantu kah?

    BalasHapus
  30. Yang jelas, Matkul dengan SKS lebih tinggi nyumbangin nilai yang lebih tinggi juga..

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Kalo misalnya matkul kita yg jelek dpt B, trs pas kt UM dapet nilai nya lebih rendah dari B (misalnya C), ntar ip nya bakalan jadi C ato tetep B?? Thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. UM itu mengambil nilai yang paling tinggi broo, jadi kalo misalkan nilai lau B, trus pas UM nilai ny C atau D... otomatis nilai ny B... cuma saran aja nih yaa, kalo B mending gak usah UM deh wkwk

      Hapus
  33. Kak mau tanya tingkat 3 udah bisa UM gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, tp yg diutamakan buat yg tingkat akhir

      Hapus
  34. Ka saya mau nanya dong untuk mendapatkan cheat um itu dari mana yaa

    BalasHapus
  35. Gan ane butuh cheat um nih bagi yang punya share dong please thanks :)

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Kak, mau nanya deh.. Misalnya kita udh um tp nilai blm berubah jg di studentsite, itu gimana ya? Apa harus nunggu? Atau emg ga bisa berubah krn pas ngerjain soalnya ga punya cheat sama sekali? Terimakasih.. Tolong bantu jawab siapa yg tau🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran aku, kalo kamu pengen UM kudu punya cheat ny dulu deh... kalo belom punya mending tahan dulu aja tuh duit sampe cheat ny tembus... kecuali emng kamu PD bisa mengerjakan 1000 soal dengan bener, terserah deh hahaa

      Hapus
  38. kak mau tanya dong hehe, tolong dijawab yah. kalau nilai lokal nya ada C, tapi ipk diatas 3 itu kira2 perlu UM atau tidak ya? terus, memang syarat skripsi tidak boleh ada nilai c kak? terimakasih tolong bantu jawab ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai C boleh kok skripsi.. yg gak boleh itu kalo nilai D ny ampe ngelebihin 4 baru gak bisa, kudu compre

      Hapus
  39. kak mau tanya kalau nilai uu nya ada yg c itu memang harus di um kan ya kak? meskipun ipk diatas 3 kak? tolong bantu jawab ya kak terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kagak usah udah aman itu mah.. mau C ny berapa pun kalo ipk UU ny dah 3, dah aman

      Hapus
  40. Kak mau tanya, kalo kita um itu langsung keliatan poin yg kita dpt dr ngisi soal apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa ada bobot 1 2 3 ny... nah untuk mencapai B total ny 120, dan kalo cuma pen C total ny 90

      Hapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. kak mau tanya,kalo UM itu kita bisa belajar materinya dr mana ? di SAP yang masih bntuk kisi2 gitu apa gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. UM belajar? 😂😂 santai mba.. UM mah gak usah belajar, ada cheat ny kok...

      Hapus
  43. Boleh tanya kalau Ujian Mandiri sebaiknya dilakukan pas menjelang Semester 3 atau Semester 4?? Ada yang bilang UM nya prioritas untuk tingkat 3 dan 4, sedangkan tingkat 1 UM nya nanti saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semester berapa pun gak ngaruh, cuma lenih disarankan kalo UM itu nilai ny yg D

      Hapus
  44. Mau nanya bang Ujian utama itu ngaruh banget ke ipk apa engga ya , Kalo ga ikut ujian utama itu gimana bang?

    BalasHapus
  45. Bang tolong bagi cheat akuntansi bang. Saya udh um 3x gagal terus, cheat ga tembus

    BalasHapus
  46. ka mau tanya, kalo nilai c di uu berpengaruh sama pi gak ?

    BalasHapus
  47. yaampuun ternyata tulisan saya masih ada yang baca yaa wkwk
    Maaf ya udh ga update lg...

    BalasHapus
  48. bro,mau tanya gue ipk alhamdulilah 2 rata-rata,nah gue paling dilemah nya dipraktikum terus gue heran sama praktikum gunadarma bgitu sja slah,dikit slah contoh gue lepkom gue masuk tapi ditulisan mengulang ujian apa nilai ujian lepkom harus diatas 60.trus gue mau tnya dong kata temen gue c nya ada lewat dari 5 aman untuk sekripsi apa gue dibhongin ? gue sama wakil kelas suruh um,nah pertnyaan gue um soal gampang (pas kita masuk tulisan presiden bapak harto) atau susah ? terima kasih

    BalasHapus
  49. Bang mau nanya semisal IPK 2.00 UU nilai c harus gimana bang

    BalasHapus
  50. Bang pemutihan itu adanya semester brp ya buat D3?

    BalasHapus
  51. Bang kalo ngecheat um gimana caranya ?

    BalasHapus
  52. Kak mau tanya ipk alhamdulillah udh aman tpi ada 1 nilai C itu mending ikut um atau engga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas sih kalo dirasa IPK sudah aman, yang penting IPK Utama sudah diatas 3.00, kalo belum 3,00, mending UMin aja yang Cnya

      Hapus
  53. kak mau nanya,kan saya baru semester 2 nih apa bisa ya ngkutin um buat nilai kita yg c/d nntinya?
    trs jg td kan baca" komentar nih katany klo nilai utama 3 apa gausah um kak?

    BalasHapus
  54. Kak aku mau nanya kalau semisal nilai praktikum semester 1 itu c trus di semester 2 nya jadi E di praktikum yang sama, bisa ngulang ikut um apa ngulang kelas ka?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer