Manusia dan Pandangan hidup

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna daripada ciptaan yang lain.Manusia dilengkapi dengan cara berpikir yang lebih daripada ciptaan-ciptaan lainnya.Dan setiap manusia memiliki pemikiran-pemkiran yang berbeda.Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal-hal itu terjadi.
Dari pemikiran pemikiran itu dapat melahirkan yang disebut dengan pandangan hidup.Banyak sekalli pandangan hidup didunia ini yang memilliki ciri khas masing-masing.Fungsi dari pandangan hidup itu adalah seperti penuntun dan batasan dalam melakukan aktivitas dalam sehari-hari.
Setiap manusia sudah pasti mempunyai pandangan hidupnya masing-masing. Pandangan hidup bersifat kodrati yang telah diberikan oleh Tuhan kepada setiap masing-masing manusia. Adapun pengertian pandangan hidup itu adalah pendapat  ataupun pertimbangan yang dijadikan untuk pegangan, pedoman, arahan atau petujuk hidup di dunia agar dapat menjalani hidup yang lebih baik lagi dengan adanya pandangan hidup tersebut. Pendapat atau pertimbangan merupakan hasil pemikiran manusia itu sendiri yang berdasarkan pengalaman hidup atau sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu cita-cita, kebijakan, usaha, dan keyakinan atau kepercayaan. Dari ke-4 unsur ini erat kaitannya yang tidak dapat terpisahkan. Yang dimaksud dengan cita-cita adalah  apa yang ingin dicapai dengan usaha atau perjuangan yang akan ditempuh untuk mendapatkannya. Tujuan yang ingin dicapai adalah kebajikan. Kebajikan adalah segala sesuatu hal yang baik yang dapat manusia itu bahagia, makmur dan tentram. Usaha atau perjuangan yaitu kerja keras yang dilandasi oleh kepercayaan dan keyakinann. Keyakinan atau kepercayaan itu dapat diukur dengan  kemampuan akal, kemampuan jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan.
Jika kita melihat macam-macam pandangan hidup yang ada di dunia,semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Tidak ada pandangan hidup yang paling sempurna di dunia ini.Tidak semua pandangan hidup yang ada di dunia dapat dipakai unutk menjalankan hidup.Suatu pandangan hidup dapat dipakai jika sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diinginkan.
Contoh nyatanya adalah di Indonesia,bangsa kita memliki pandangan hidup yaitu Pancasila.Negara kita memakai pandangan itu karena sesuai dengan sejarah negara kita dan sesuai dengan ciri khas negara kita yang beraneka ragam.Bangsa kita tidak mungkin menggunakan pandangan komunis karena tidak sesuai dengan negara kita .Oleh karena itu tidak semua pandangan hidup dipakai untuk menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Komentar

Postingan Populer