SALAH SIAPA?



Kali ini saya akan menyampaikna pendapa saya tentang lunturnya kebudasyaan bangsa Indonesia.Akhir-akhir ini bangsa Indonesia sedang mengalami gempuran-gempuran di segala bidang akibat globalisasi.Disini saya akan membahas tentang lunturnya kebudayaan bangsa kita.
Sekarang kebudayaan bangsa kita yang beraneka ragam seakan-akan menjadi sesuatu yang langka.ini disebabkan adanya arus gloablisasi yang kuat dalam bidsang kebudayaan.Kemungkinan hal yang menyebabkan ini adalah tidak tersaringnya kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia.Dengan begitu semakin banyak lah generasi muda yang tidak mengenal kebudayaannya sendiri.

Pertanayaanya adalah ini salah siapa?Saya menonton di TV orang –orang menyalahkan para anak muda yang tidak mencintai kebudayaanya sendiri.Anak muda lebih memilih budaya luar dengan alasan budaya luar lebih  menarik dan lebih bagus.Masalah ini seakan generasi muda sendirilah yang melakukan kesalahan.
Tetapi saya tidak terima dengan pernyataan itu.Sebagai anak muda saya merasa hal itu bukan seutuhnya salah generasi muda.Inti dari masalah ini kan tidak tersaringnya budaya luar yang masuk dan kurang adanya perkembangan dengan budaya kita sendiri sehingga tidak menarik minat kita sebagai anak muda.

Dengan begitu sebelum masuknya kebudasyaan luar itu apakah generasi tua sudah melakukan penyaringan?.kita sebagai anak muda tdak memiliki wewenang untuk melakukan hal itu.Kita juga masih muda dan belum mengerti bagaimana tata car untuk melakuakn hal itu.kita sebagai anak muda hanya bisa menerima saja.walaupunm memang pilihan itu ada di tangan kita apa kita akan memilih atau tidak.
Tapi bisa kita lihat memang budaya luar lebih menarik,daripada budaya kita sendiri.budaya kita yang sekarang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi jaman yang sudah modern.Budaya lain melakukan inovasi-inovasi tersendiri terhadap budayanya sehingga menjadi lebih menarik.Bagaimana dengan kebudayaan kita apakah sudah melakukan inovasi?

Memang akhir-akhir ini sudah banyak orang yang melakukan inovasi terhadap kebudayaan.Contohnya adalah membuat gamelan yang dibuat kedalam perangkat lunak,komputer ataupun gadget.Dengan inovasi ini kebudayaan ini bisa sesuai dengan kondisi jaman yang modern.
Dengan begitu solusinya adalah  melakukakn inovasi kepada kebudayaan kita sendiri yang mana sesuai dengan jaman yang modern ini.Dengan begitu lunturnya kebudayaan akan teratasi.

Komentar

Postingan Populer