GILA GADGET



Gadget adalah sebuah alat yang diciptakan yang memiliki fungsi tersendiri untuk membantu manusia dalam beraktivitas. Menurut Wikipedia, Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru.Semakin majunya zaman perkembangan gadget akan bertambah banyak dan semakin membaik dari tahun ke tahun.
Contoh dari gadget adalah handphone,tablet,pc,laptop dan lain-lain.Semakin hari semua produsen gadget-gadget tersebut memperbaharui produknya. Dan selalu membuat produknya semakin canggih.Dan gadget tersebut  memiliki harga yang bervariasi.Dari yang murah hingga yang paling mahal sekalipun,hal tersebut tergantung pada fitur-fitur yang ditawarkan oleh produsen masing-masing.
Dengan adanya fenomena seperti ini akan memilki kaitan dengan kehidupan manusia. Manusia itu sendiri memiliki salah satu sifat yang tidak akan pernah puas untuk mengikuti keinginannya. Hal tersebut merupakan tantangan bagi manusia dalam mengatur keinginannya agar tidak menjadi  boros.
Pada zaman modern sekarang ini sudah timbul adanya budaya baru yaitu budaya yang konsumtif. Budaya konsumtif adalah sikap dan prilaku manusia yang tidak bisa mengendalikan keinginannya.Yang berarti manusia selalu ingin memenuhi keinginannnya,jadi orang tersebut selalu menghabiskan uangnya untuk mencapai kepuasan tersendiri dengan sikap yang konsumstif yang berlebihan.
Budaya konsumtif bisa dalam berbagai macam hal. Salah satunya dalam hal gadget. Setiap produsen berlomba-lomba untuk memproduksi gadget yang paling mutakhir. Hal itu yang menggoda manusia untuk membeli gadget-gadget terbaru dan tercanggih. Budaya hidup konsumtif dapat membuat orang-orang yang bersikap konsumtif ini selalu memperbaharui gadgetnya. Hal ini disebabkan apabila manusia tidak dapat mengendalikan keinginan atau nafsunya.
Budaya konsumtif ini tidak hanya ada dalam aspek gadget saja tapi ada juga dalam aspek yang lain,seperti pakaian kendaraan dan lain-lain.Jadi apabila manusia tidak dapat mengendalikan keinginannya,manusia tersebut sudah tergolong dengan manusia yang memiliki budaya konsumtif



Komentar

Postingan Populer