Perkembangan Robot di Dunia

Pasti kalian sudah tau yang namanya robot. Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik ada yang menggunakan pengawasan dan kontrol manusia atau progam yang telah di buat dahulu atau biasa disebut dengan kecerdasan buatan. Biasanya robot itu digunakan di industri yang biasanya bertugas untuk pekerjaan yang berat, berbahaya dan pekerjaan yang menuntut kerja cepat. Untuk robot industri digunakan dalam bidang industri karena lebih efisien dan dapat meminimalisir biaya produksi.
perkembangan robot
Tetapi belakangan ini robot mulai memasuki kancah di bidang hiburan dan alat bantu rumah tangga. Robot diciptakan oleh penciptanya pertama kali yaitu dengan mencoba meniru gaya hewan dan manusia. Ilmuan robot menemukan bahwa hal tersebut amatlah sulit membutuhkan tenaga dan perhitungan yang lebih banyak, jadi perkembangan di ubah ke dalam riset lainnya.
Di dunia perkembangan robot ini mulai berkembang, salah satu Negara yang menonjol adalah Negara jepang yaitu dengan robotika. Robot jepang telah ada dalam zaman Edo yaitu dengan adanya boneka mekanik yang di kenal sebagai Karakuri Ningyo. Robot di jepang benar – benar serius dalam perkembangannya, dan pada masa jepang adalah Negara yang selalu memiliki inovasi – inovasi yang sangat baru tentang teknologi robot. Contoh robot yang populer di jepang adalah robot Asimo yaitu robot humanoid yang diciptakan oleh perusahaan Honda Motor Company. Robot Asimo ini berbentuk astronot kecil yang membawa tas dan bisa berjalan dengan kedua kakinya tersebut
Jepang lagi –lagi tak berhenti dalam menciptakan sebuah robot yaitu yang terkenal selain robot Asimo adalah robot yang menyerupai manusia yaitu robot Actroid robot ini bisa menyerupai ekspresi manusia yang sama seperti layaknya manusia.
Ada masalah teknis lain yang menghalangi perkembangan robot yaitu komplektivitas penanganan objek fisik dalam lingkungan alam yang tetap saja mengalami kekacauan. Sensor penglihatan yaitu sensor taktil dan algoritma yang lebih baik mungkin dapat menyelesaikan persoalan ini. Robot online teruji dari University Jaume di Spanyol adalah contoh perkembangan robot yang bagus.
Selain Negara jepang banyak negara – negara lain seperti eropa dan amerika yang berlomba – lomba menciptakan robot di antaranya adalah robot mobil tanpa setir.
Selain itu ada juga rumah RV RUMAH ROBOT MASA DEPAN yang berhasil membuat desain prototype atau biasa di panggil dengan rumah robot yang memiliki ukuran dengan skala 1/5 dari rumah normal manusia. Rumah robot ini dapat merespon lingkungan, baik cuaca panas maupun dengan cuaca dingin sehingga dapat memberikan efek suasana nyaman pada rumah robot tersebut.
Walaupun kemajuan teknologi robot di Indonesia belum begitu pesat, namum ada sebagian tahun ini di Indonesia sendiri semakin banyak diadakan kontes robot, namun adanya dukungan dari pemerintah mengenai perkembangan robot di Indoneisa sangatlah menunjang dalam hal biaya dan fasilitas dalam memajukan robot di Indonesia agar maju seperti do Negara – Negara lain

sumber:
http://tech.dbagus.com/perkembangan-robot-di-dunia

Komentar

Postingan Populer